Laman

Rabu, 16 Januari 2019

Cerita Emak episode ngantuk

Bisa ngantuk dan bisa tidur itu, sebuah kenikmatan yang luar biasa. Kalau tidak percaya coba deh tanya orang-orang yang kena insomnia. Atau emak-emak yang punya anak kecil. Terlebih yang anaknya banyak. Betapa bisa tidur, apalagi tidur nyenyak itu adalah sebuah kemewahan. Tapi banyak orang yang tidak merasa kalau itu adalah anugerah. Sampai dia kehilangan nikmat itu

Tapi kalau ngantuk datang tidak pada tempatnya, repot juga. Apalagi kalau sampai ketiduran. Bisa berabe.

Seperti yang dialami si Emak nih. Emak heran, kenapa ya kalau ngaji di masjid dia ngantuk? Kadang sampai ketiduran. Kalau baca alquran juga ngantuk. Bahkan saat jadi makmum sholat, saat atahiat akhir si Emak suka ngebleng. Lebih parah lagi, saat nyopir pun dia ngantuk. Ini kan gawat. Kalau nyupir motor kadang-kadang sampai mengalami microsleep. Tiba-tiba jalanan hilang sesaat. Padahal si Emak melek matanya.

Kalau bulan-bulan biasa si Emak biasanya mengatasi ngantuk dengan minum kopi. Tapi di bulan puasa ini... satu-satunya cara menghilangkan ngantuk, ya tidur. Jadi kalau nganter sekolah, Emak nungguin di sekolah. Numpang tidur di kantin sekolah. Cuek aja sama emak-emak lain yang pada ngerumpi. Walapun kadang-kadang rumpian emak-emak itu masuk dalam mimpinya. Jadi mimpi macem-macem. Tapi alhamdulillah pas si bungsu pulang sekolah, ngantuknya sudah berkurang.
Kalau sedang di rumah cara lain mengatasi ngantuk yaitu dengan bergerak. Ngerjain apa aja, cuci piring kek, bersihin rumah kek, belanja kek. Pokoknya jangan diam saja atau baca quran. Kalau dipaksain baca quran kadang yang dibaca surat apa, yang keluar surat apa. Sampai ayat berapa juga nggak jelas semua. Alhasil target khatam baca alquran di bulan romadhon pun keteteran.

Kata orang kalau ngantukan itu karena gula darah tinggi. Tapi terakhir cek lab alhamdulillah kata keterangan di lab, gula darah Emak masih normal. Mungkin kurang olahraga. Atau.. jangan-jangan karena gawan bayi ya? Alias dari sononya memang begitu..

Au ah gelap...

Pokoknya bersyukur saja, diantara banyak kekurangan, Alloh masih memberikan banyak kelebihan.Alhamdulillah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar: